Digital Differential Analyzer (DDA) for Primitive Drawing Line

Waktu kuliah Grafika Komputer, Saya dapat tugas mengimplementasikan algoritma menggambar garis dalam sebuah applikasi. Saya coba buat program sederhana yang mengimplementasikan algoritma Digital Differential Analyzer (DDA) dalam bahasa java.

Saya menurunkan kelas Canvas menjadi kelas LineCanvas dimana kelas inilah yang nantinya akan mengimplementasikan algoritma DDA. Gambar di bawah ini menunjukkan tampilan program yang telah selesai dibuat

 

capture

Disini Saya menggunakan perbandingan dalam menggambar kan tiap pixel pada kanvas. 1 pixel pada kanvas menempati N pixel yang sebenarnya. N dapat diseting sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tambahan Saya sertakan 2 tombol untuk menggambar rumah dan buku yang koordinatnya telah ditentukan terlebih dahulu dalam source code.

Bila teman-teman berminat untuk melihat source code program ini, teman-teman bisa mendownloadnya di sini. Namun sayangnya Saya belum bisa menyertakan dokumentasi program ini karena … bingung cara mendokumentasikannya :p . Bila memiliki pertanyaan temen-temen bisa menuliskan comment dalam blog ini. Insya Allah akan Saya jawab sesuai dengan kemampuan.

10 thoughts on “Digital Differential Analyzer (DDA) for Primitive Drawing Line

  1. maaf nih maw nanya, klo tanpa class LineDemo bisa gag iah?
    jd ngegambar garisnya tanpa pke lib swing. . ??
    gondrong nih saia. .๐Ÿ˜ฆ

    • Bisa aja kok, pake Canvasnya java aja. Coba de Bang Dp pelajari LineCanvas.java caranya ada disitu. Ni contohnya :

      this.getGraphics().setColor(Color.BLACK);
      this.getGraphics().fillRect(((x-1)*grid), (this.getHeight() – y*grid), grid, grid);

  2. Pingback: DataQ Blogs » Blog Archive » Digital Differential Analyzer (DDA)

Leave a Reply

