PasswordQ Apa Yaaa…???

Kemaren ini Ane mengalami kejadian konyol…

Critanya tu td pagi Ane lg pengen mengubah password email Ane, biar agak keren passwordnya dibuat agak sulit dengan kombinasi huruf, angka dan karakter. Nah selesai Ane ganti passwordnya beberapa saat kemudian Ane coba login lg ke email Ane tersebut. Hasilnya…. ACCESS DENIED… WRONG PASSWORD…😦

Sumpe Ane bingung setengah mati, mana email itu email utama Ane lg, kalo g bisa masuk bisa berabe entar. Pelan-pelan Ane utak-atik mencoba mengingat kembali… perasaan uda bener de tp kok tetep salah ya??? Ane coba pake lupa password, eeee… ama mail servernya password Ane malah dikirim ke secondary email. Lha kan Ane uda luaaaama g buka secondary email, usernya aja apa Ane uda lupa. Setelah lebih dari 1 jam Ane utak-atik tetep aja gak bisa, akhirnya Ane tinggal kuliah.

Beberapa jam kemudian sekembalinya Ane dari kuliah, Subhanallah tiba-tiba aja Ane kepikiran sesuatu “Password Ane da bener kok… jangan-jangan pas ganti password Caps Lock nya nyala?”. Ane coba buka email lagi dengan kondisi Caps Lock menyala, ternyata BISAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA…………….!!!!

Deuch senangnya hatiku😀😀😀

Nah dari pengalaman itu Ane mo kasih saran buat temen-temen tentang tips n trik pembuatan password😀

1. Sebelum membuat password pastikan kondisi CAPS LOCK dalam keadaan mati, agar tidak mengalami kejadian seperti Ane td😀

2. Buatlah password yang mudah diingat tapi susah ditebak orang lain.

3. Panjang password minimal 6 karakter, semakin panjang semakin baik.

4. Gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter.

Sekarang Ane kasih contoh password yang mudah kita ingat tapi susah ditebak orang lain :

1. misalkan kita ingin membuat password kombinasi angka, huruf dan karakter berdasarkan nama kita sendir (atau nama suami ato istrimu juga g pa2)

mahendradata

maka password kita bisa kita rubah menjadi

m4h3ndr4d4t4 atau m@h3ndr@d@t@ atau m@h3n12r@12@7@

itu semua berdasarkan penerjemahan kita sendiri

a. pada m4h3ndr4d4t4 Ane hanya mengganti vokal dengan angka,

b. pada m@h3ndr@d@t@ Ane mengganti vokal dengan angka kecuali huruf a diganti dengan @,

c. pada m@h3n12r@12@7@ Ane mengganti vokal dengan angka, huruf a diganti dengan @ dan hurud d diganti dengan angka 12 ( 12 kan mirip D kalo didempetkan)

2. misalkan password yang kita buat hanya boleh angka saja (pada ATM misalnya)

data

passwornya bisa diganti menjadi:

12474 atau 04012001 atau 3282

penerjemahannya:

a. pada 12474 kita mengganti huruf d dengan 12 a dengan 4 t dengan 7, pokonya dengan angka2 yang mirip huruf tersebut lah,

b. pada 04012001 kita menggunakan urutan huruf tersebut dalam alfabetis. a = 1, b = 2, c = 3 dan seterusnya,

c pada 3282 kita menggunakan keypad handphone sebagai penerjemah, huruf d ada pada tombol 3, a pada tombol 2, t pada tombol 8.

Hmmmm… Gimana? Mudah kan membuat password. Asal jangan sampai melupakan cara menterjemahkan password kalian sendiri, berabe ntar jadinya😀

Sekian Tips n Trik dari Ane semoga dapat bermanfaat bagi kita semua🙂

2 thoughts on “PasswordQ Apa Yaaa…???

  1. =)) ……
    ini passwordnya super duper … secret …
    kombinasi angka – huruf – karakter – dan capslok :p

    mengingat password sama dengan melatih memori otak,
    so.. remembering your password sama halnya dengan olahraga otak😉

    dan jangan sekali kali menuliskan password di kertas / hp / catatan umum lainnya … apalagi di warnet😀

  2. weleh².. apa dah kena penyakit p**** ya, hehehe :p
    apa maunya jd kriptografer neh??
    pke main kombinasi angka, huruf & karakter

Leave a Reply

