Perjuangan Instalasi Web Server

Pengalaman ini Ane dapat ketika mengerjakan tugas akhir praktikum manajemen jaringan. Tugas pertama Ane adalah membuat php web server dan database mysql d Centos 5.

Seperti biasa yang pertama kali Ane instal adalah apache (httpd) :

# yum install httpd

yang kedua adalah php :

# yum install php

berikutnya adalah myql :

# yum install mysql

setelah itu servicenya Ane jalankan :

# /etc/init.d/httpd start

# /etc/init.d/mysqld start

Nah masalah baru dimulai, ternyata service mysqld tidak bisa dijalankan. Ane coba untuk masuk ke console mysql :

# mysql

hasilnya adalah dia akan menampilkan error :

ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)

Ane setengah mati mencari sumber error ini darimana. Ane coba tanya Pak Kasful (dosen Ane) ee.. beliaunya malah ketawa. Beliau cuman menjawab “Copy aja errornya trus kamu paste d GOOGLE, ntar kan muncul jawabannya”. Hmm tapi ternyata ini tidak semudah yang Ane bayangkan, karena hasilnya sangat banyak dan tidak semua memberikan jawaban (yang banyak malah orang-orang yg “senasib” dengan Ane). Akhirnya Alhamdullillah setelah berminggu-minggu dalam masa pencarian, temen Ane si Ginanjar dengan baik hati memberikan jawabannya. Dengan santai dia menjawab “instal aja mysql-server”.

# yum install mysql-server

He3 ternyata ini adalah solusi yang jitu.

Tapi masalah belum berakhir, ketika Ane melakukan instalsi phpMyAdmin muncul error baru yaitu:

Cannot load mysql extension. Please check your PHP configuration

Walah error lagi… Ternyata setelah Ane baca manualnya masalahnya adalah :

To connect to a MySQL server, PHP needs a set of MySQL functions called “MySQL extension”. This extension may be part of the PHP distribution (compiled-in), otherwise it needs to be loaded dynamically. Its name is probably mysql.so or php_mysql.dll. phpMyAdmin tried to load the extension but failed.

Usually, the problem is solved by installing a software package called “PHP-MySQL” or something similar.

Temen Ane si Gie dengan santai menjawab lagi “install aja php-mysql, seperti yang ada di manual itu.”.

# yum install php-mysql

Setelah Ane coba ternyata sukses, httpd, mysqld dan php bisa berjalan dengan lancar😀

oh ya tak lupa Ane menyalakan service httpd dan mysqld

# /etc/init.d/httpd start

# /etc/init.d/mysqld start

dan sebagai penutup Ane membuat kedua service tersebut berjalan secara otomatis saat komputer menyala :

# chkconfig httpd on

# chkconfig mysqld on

Selesai sudah instalasi web server yang penuh perjuangan ini.

Btw ketika si Gie Ane tanya “Kamu kok tau Gie?” jawabannya cukup simple “Soalnya Aku dulu nginstall web server masalahnya juga begitu.”😀

Thanks ya Gie atas bantuannya🙂

One thought on “Perjuangan Instalasi Web Server

  1. Salam sukses buat anda, Pak saya betul-betul pemula yang tidak begitu paham soal, php, sql, dll.
    Tapi saya ingin belajar membuat website sendiri, tentunya yang gratisan dulu.
    Saya sudah coba daftar, dan berhasil dicoba. Tapi saya tidak paham Apa fungsi: PHP,SQL,XML, mohon penjelasan lewat Email saya.
    Html-pun, saya cuma belajar edit sendiri dari yang udah ada, karna saya juga menghargai hasil karya orang lain.

    Maklum, dulu saya cuma lulusan STM didaerah, sekarangpun bekerja sebagai arsitek desain, tapi saya tetep mau tau dan ingin bisa sampai saya bisa.

    Terimakasih untuk waktunya, bersedia membaca tulisan saya ini.

    Terus berkreasi Pak, semoga sukses.
    Salam.

Leave a Reply

