Susu Kedelai

Susu Keledai Karya Ane dan Ibu

Susu Keledai Karya Ane dan Ibu

Alkisah suatu hasi Ane sedang lunch bersama 3 rekan seperjuangan saat PKL (Praktek Kerja Lapangan) di sebuah waroeng bakso, Sinthia, Danu dan Anggora Annora. Di sana Ane mengambil sekantong susu kedelai, soalnya Ane emang doyan banget ama susu kedelai. Temen Ane si Sinthia langsung nyeletuk…
“Kamu suka susu kedelai Ta? Aku di rumah produksi susu kedelai lho…
bla… bla… blaa…
bla… bla… blaa…
bla… bla… blaa…”
Udah langsung de terjadi obrolan panjang lebar tentang susu kedelai, dengan hasil akhir Ane mendapatkan resep membuat susu kedelai.

Di rumah Ane mencoba membuat susu kedelai bersama Ibu, dan setelah melakukan dua kali percobaan (yang pertama gagal, karena susu kedelainya pecah-pecah) akhirnya berhasil juga Ane dan Ibu membuat susu kedelai, enak lhoooo…😀

Mo tau cara membuatnya? Ikutin aja resep dari Sinthia ini :

  1. Rendam biji kedelai selama satu malam sampai kedelainya lembek dan kulitnya bisa dikupas dengan tangan. (biji kedelainya beli aja di supermarket yang uda dikemas kantongan)
  2. Masukkan biji kedelai tadi ke dalam blender bersama dengan air (lebih enak menggunakan air matang) lalu haluskan.
  3. Saring hasil blenderan tadi, lalu air hasil saringan tadi kita masak seperti memasak susu yaitu sesekali kita aduk perlahan. Kita bisa tambahkan daun pandan dan gula tebu atau gula kelapa sesuai selera. (Ampas dari hasil penyaringan tadi masih bisa kita belder lagi 2 atau 3 kali selama masih bisa menghasilkan air yang berwarna putih seperti susu)
  4. Setelah panas dan terlihat akan mendidih, susu kedelai tadi kita angkat (jangan sampai terlalu mendidih, karena nanti susunya bisa pecah).
  5. Setelah dingin kita bisa simpan di lemari es.

Selesai… mudah kan cara membuatnya?! Sebagai catatan, menurut pengalaman Ane susu kedelai tu lebih enak dimasak menggunakan gula kelapa dan diminum dalam keadaan dingin.
Selamat mencoba😀

10 thoughts on “Susu Kedelai

  1. PKL (Praktek Kerja Lapangan)

    woi bukan Praktek Kerja Lapangan Dat, tp Praktik Kerja Lapang
    klo Praktek Kerja Lapangan lak maen bola😀
    btw boleh jg tuh resepnya
    klo buat lg bilang2 ya, ntar tak berkunjung ke rumahmu😀

  2. saya jadi mau coba2 ni.. produksi susu kedelai …
    Pertanyaan nya … berapa banyak air yang harus dimasukan , waktu diblender ?? takaran ? Tksh.
    Joseph

    • Nah itu dia, yang kasih resep juga tidak memberikan takaran yang pasti. Mungkin perlu dilakukan beberapa kali percobaan sehingga didapatkan komposisi yang tepat🙂

Leave a Reply

