Nonton Film pake Web Browser

Believe it or not, Ane bisa nonton film dengan berbagai macam tipe (.avi .mp4 .mkv dll.) dengan menggunakan we browser seperti pada gambar di bawah ini.

Nonton Film pake Firefox

Nonton Film pake Firefox

Itu adalah screenshot dari film Kamen Rider Kiva episode 25 yang Ane jalanin di web browser, Mozilla Firefox tepatnya. Ane sebenernya gak sengaja nemuin cara ini. Pas itu Ane mau download film melalui protokol FTP, eh pas Ane click filenya oleh si Firefox malah dimaenin dalam browser.

Usut punya usut, ternyata rahasianya adalah totem-plugin-viewer yang secara default diinstall saat Ane melakukan instalasi Ubuntu 8.04 Hardy Heron. Plugin inilah yang berperan sebagai player dalam Firefox.

totem-plugin-viewer

totem-plugin-viewer

Totem sendiri sebenarnya adalah program untuk menjalankan file-file multimedia pada Linux (Semacam Windows Media Player dalam Microsoft Windows).

Totem Movie Player

Totem Movie Player

Hanya saja si totem ini juga menyediakan plugin pada firefox sehingga kita bisa memainkan file multimedia pada web browser. Keren kan๐Ÿ˜€

Dan ini semua tersedia secara FREE alias GRATIS! Gimana…. masih ragu menggunakan Linux?๐Ÿ™‚

7 thoughts on “Nonton Film pake Web Browser

  1. dataq wrote :
    Dan ini semua tersedia secara FREE alias GRATIS! Gimanaโ€ฆ. masih ragu menggunakan Linux?๐Ÿ™‚

    mass…. Free di Linux bukan berarti Gratis tapi masalah kebebasan. Kebebasan dalam pengetahuan kalo gratis itu istilahnya FREE OF CHARGE tolong hal ini benar2 dipisahkan soalnya nanti persepsi orang bahwa Free Software itu masalah harga padahal bukan itu maksudnya

  2. yup thank you atas masukannya. Dalam bahasa inggris itu kata free memang banyak arti, dan salah satunya gratis, walaupun tanpa ditambahi free of charge. Sebenarnya dalam kutipan diatas Ane berbicara tentang bagaimana kita bisa mendapatkan software tersebut (dibuktikan terdapat kata “tersedia”) bukan masalah lisensinya.

    linux sendiri merupakan free software dan open source develompent ( http://en.wikipedia.org/wiki/Linux ).
    Pengertian free software adalah program yang dapat digunakan, dipelajari dan dimodifikasi tanpa ada pembatasan. Serta dapat pula disalin dan didistribusikan dengan tanpa atau sedikit batasan. Source code dari free software juga harus tersedia dan dapat diakses oleh public ( http://en.wikipedia.org/wiki/Free_software ).

  3. Dat….aku kalo nonton make KLite codec. Itu juga gratis lho….:p.
    Kayanya ada juga yang buat Linux.

    Btw, kalo make browser ga bisa nonton full screen ya? Kurang mantep dong :p.

  4. saya install flash player bwt firefox di u(sus)buntu 8.04. tapi pas buka you(tukang)tube kok ga bisa main ya film-nya di browser??
    ada solusinya ga??
    tolong donk.. klo ada bisa replay tutorialnya ke email saya.
    saya pake i386. dan awalnya flashplugin, gnas udah saya instal.. tapi tetap saja ga mw load pas buka you(si tukang)tube itu…

  5. to MadeAdi :
    hmmm gimana ya mas, Ane juga gak tau kenapa bisa gt.
    KL Ane biasanya buka youtube dulu, ntar kan si “pirepox” memberitahu jika dia tidak memiliki plugin untuk menjalankan script tersebut, nah Ane tinggal click aja tombol “install missing plugin”. Nanti ada pilihan beberapa plugin, Ane biasanya milih yg Flash Player (atau Flash Plugin ya? Ane lupa namanya) terus setelah selesai install tinggal restart “pirepox”nya. Uda gt aja, langsung bs nonton you(si tukang)tube tu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s