Seni Berdagang

(Satu siang yang panas tampak seorang pembeli sedang adu mulut dengan penjual pisang di sebuah pesta pasar rakyat)

Pembeli : “Pak bagaimana ini, pisang yang saya beli dari bapak ternyata tidak manis, padahal bapak katakan pisang manis!”

Pedagang : “Masa sih pak? Coba de bapak makan bagian ujungnya, pasti manis.”

(Pembeli kemudian mencoba ujung pisang tersebut)

Pembeli : “Eh iya se, manis… Terus kenapa pisang yang satunya bapak katakan pisang gurih tapi ketika saya coba kok ndak gurih!”

Pedagang : “Lho gurih kok pak kalo dikasih mentega…”

Pembeli : “Lha kok bisa seperti itu! Terus kenapa bapak katakan pisang bapak murah? Tadi saya menemukan pisang dengan harga lebih murah di penjual ujung sana “

Pedagang : “Ini memang murah kok pak, harganya lebih murah dari yang saya jual kemaren.”

Pembeli : “Wah kalau seperti ini berarti bapak sudah membohongi saya donk!”

Pedagang : “Saya tidak membohongi pak, Bapak saja yang belum mendengar penjelasan saya selengkapnya…”

Pesan buat pembaca… hati-hatilah sebelum mencontreng eh membeli….

One thought on “Seni Berdagang

Leave a Reply

