Tutorial Gimp : Mengenal Aa Gimp

GIMP

GIMP

Gimp adalah salah satu Image editor yang sifatnya freeware dengan kemampuan yang powerfull dan dapat disetarakan dengan Ph*t*sh*p. Bagi kita yang memiliki budget terbatas (atau bahkan tak punya budget) namun ingin bermain main dengan image editing, GIMP adalah pilihan yang tepat karena dia disediakan secara gratis untuk dipergunakan baik untuk tujuan komersial maupun non komersial.

Bagi saya yang dahulu pada masa “jahiliyah” sudah terbiasa menggunakan Ph*t*sh*p tanpa mbayar aka mbajak, berpindah menggunakan GIMP bukanlah suatu hal yang susah. Hanya perlu beberpa waktu untuk beradaptasi, walau awalnya sempat dipusingkan dengan beberapa perbedaan konsep antara Ph*t*sh*p dan GIMP. Tapi dengan semangat pengembangan OpenSource (lebay mode on) hal itu Insya Allah mudah diatasi.

GIMP secara default sudah terinstall di banyak jenis linux seperti Mint, Ubuntu, Suse dan bahkan Fedora. Dan bagi pengguna W*nd*ws GIMP dapat diunduh dari sini. Berikut ini adalah tampilan awal ketika kita membuka GIMP :

GIMP (Click untuk memperbesar)

GIMP terbagi dalam 3 Window utama : ToolBox, MainWindow dan Dockable Dialog. Sekilas tampilan GIMP mirip dengan Ph*t*sh*p, mungkin agar memudahkan pengguna yang telah terbiasa menggunakan Ph*t*sh*p.

Sebagai hadiah perkenalan kita akan mencoba mengedit foto menjadi foto jadul hanya dengan sekali click menggunakan GIMP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka foto yang diedit : File > Open…

Open File (Click untuk memperbesar)

  • Pilih : Filters > Decor > Old Photo… lalu akan muncul Window “Script-Fu : Old Photo” tekan OK, jadi de ^_^

Old Photo (Click untuk memperbesar)

Oh ya sebenarnya ada satu Dockable Dialog yang sangat berguna namun secara default tidak ditampilkan yaitu Navigation. Untuk menampilkannya pilihlah menu : Windows > Dockable Dialogs > Navigation.

Navigation (Click untuk memperbesar)

Nah sekian dulu perkenalan kita dengan Aa Gimp, sampai jumpa di tutorial selanjutnya ^_^

3 thoughts on “Tutorial Gimp : Mengenal Aa Gimp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s