Konek Internet Menggunakan Nokia 6300 + Mint Linux

Bagi pengguna Mint Linux 8, pernahkah anda iseng mengkonekan HP anda ke PC (umumnya menggunakan kabel data)? Ya keisengan itulah yang beberapa waktu lalu saya lakukan dengan HP Nokia 6300 dan Mint Linux. Percobaan pertama adalah dengan menggunakan mode “Data storage” dan seperti yang bisa diduga, sebuah device akan langsung dimount oleh Mint. Device ini adalah memory card yang ada dalam HP dimana kita bisa mengisinya sesuka kita. Percobaan kedua adalah dengan menggunakan mode “Nokia mode”. Hmmm kali ini tak ada device yang dimount oleh Mint…. tapi tunggu dulu, coba perhatikan icon network yang ada di status bar. Jika kita mengkliknya ternyata ada sebuah koneksi baru yang dapat kita bentuk menggunakan “Mobile Broadband”, hanya saja kita belum bisa konek ke internet ketika mengclicknya. Sepertinya ada yang harus dikonfigurasi terlebih dahulu.

Ok sekarang kita akan melakukan konfigurasi 1 menit di Mint Linux kita. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Bukalah “Network Connections”. Bila anda kesulitan cobalah untuk mensearchnya di Mint Menu. Pilihlah tab “Mobile Broadband”. Pada gambar di bawah ini kebetulan saya telah megkonfigurasi menggunakan Indosat IM3.

Tekan tombol “Add” maka sebuah wizard akan terbuka. Pilihlah tipe HP anda, dalam kasus saya kali ini adalah “Nokia 6300”. Kemudian tekan Foward.

Piih negara provider HP anda. Karena saya menggunakan Indosat IM3 maka saya pilih Indonesia. Kemudian tekan Foward.

Pilih provider HP anda. Saya memilih Indosat. Kemudian tekan Foward.

Pilih Billing Plan anda. Untuk kasus saya, saya memilih custom billing plan, dan menggunakan APN “www.indosat-m3.net”. Bila anda menggunakan provider lain silahkan bertanya kepada customer care provider anda APN apa yang bisa anda guanakan. Kemudian tekan Foward.

Terakhir adalah mengkonfirmasi setting kita. Tekan apply bila sudah yakin dengan setting kita.

Setelah tersetting sekarang kita bisa terkoneksi ke internet dengan menclick setting Mobile Broadband kita pada icon network yang terpadat pada status bar. Singkat bukan? Selamat onlen menggunakan Mint Linux + Nokiyem 6300😀

nb : ketika saya ceritakan hal ini kepada adek tingkat saya di kampus, dia menjawab dengan singkat “Baru tahu ya Mas?” hehehehe ternyata saya masih katrok soal linux ^_^

4 thoughts on “Konek Internet Menggunakan Nokia 6300 + Mint Linux

  1. weh.. enaknya, tinggal kyk gitu.
    blom nyoba modemnya zte.
    perlu dicoba nih keampuhan mint 8. hehehe…

    btw, numpang ta-blogroll blognya dat😀

    • Saya dulu pernah nyoba modem zte di ubuntu 8.04, sukses se, tapi sekarang uda lupa caranya soalnya gak dicatet😀

      ok mas, aku numpang brogroll balik😀

Leave a Reply

